PRESS RELEASE

Kementerian Kebijakan Publik

1. Gebyar Indonesia Berkarya

kegiatan berskala nasional dimulai dari kompetisi  Youth Paper Competition yang kemudian dibawakan dalam Focus Group Discussion (FGD). Selain kedua acara tersebut, ada pula Kampanye Gerakan Cinta Pangan Lokal (GCPL). Kegiatan yang bekerjasama dengan Kementerian Kebijakan Pertanian BEM KM IPB diadakan selama dua hari, dari tanggal 13-14 Oktober 2012. Berlanjut ke hari kedua, diadakan dialog interaktif mengenai karya pemuda dan budaya nasionalisme.

2.  Aksi Seribu Mawar untuk KPK

Aksi gabungan dengan BEM se-Jabotabek dan BEM Seluruh Indonesia (SI) dilakukan di depan gedung KPK secara damai. Aksi ini merupakan bentuk dukungan mahasiswa terhadap KPK. Mahasiswa menginginkan KPK menjunjung tinggi profesionalitasnya tanpa pandang bulu dan tidak perlu khawatir akan tekanan dari pihak manapun. Aksi ini di awali dengan doa, orasi, teatrikal dan penutupan dengan doa.

3. Gerakan Peduli Bencana Longsor

Ketika diketahui ada bencana longsor yang terjadi di Desa Pasir Madang dan Sukamulih Kec. Sukajaya Kab. Bogor, BEM KM yang diwakili KP bekerjasama dengan aliansi Bem se-Bogor beserta Karya Salemba Empat (KSE IPB) melakukan gerakan peduli bencana kepada korban longsor di kedua desa tersebut. Bantuan yang diberikan berupa sumbangan sembako beserta keceriaan bagi korban-korban longsor.

 4.  Lomba Debat BEM Se-IPB

Lomba yang diharapkan dapat menumbuhkan kepekaan mahasiswa terhadap masalah sosial yang berada di masyarakat, diadakan KP pada tanggal 14 dan 15 Mei 2012 di kantin Stevia, Fakultas Pertanian. Acara ini berupa debat antara grup pro dan kontra dengan peserta dari setiap fakultas, TPB, dan IPS dalam satu grup sebanyak 3 orang.

5. Aksi Hari Kebangkitan Nasional

Aksi yang diadakan tanggal 21 Mei 2012 dilakukan bersama Aliansi BEM Seluruh Indonesia wilayah Jabodetabek-Banten di Istana Negara RI.  Universitas yang ikut berpartisipasi dalam aksi Harkitnas antaralain IPB, UNJ, dan PNJ. Tujuan diadakan aksi ini untuk menyampaikan tuntutan dalam PIAGAM KEBANGKITAN.

Kementerian Kebijakan Kampus

1. Kajian mengenai fasilitas dan properti di lingkungan IPB

Kegiatan ini berupa forum yang mengangkat isu mengenai fasilitas air pada hari minggu, pembangunan yang tak kunjung selesai, penebangan pohon untuk pembangunan, perbaikan mushala, penerangan yang kurang di beberapa titik, jadwal bus yang kurang sesuai dengan jadwal mahasiswa, serta legalitas tukang ojek. Permasalahan ini dibahas tuntas bersama narasumber dari pihak Direktorat dan Fasilitas dan Properti IPB yaitu Dr.Ir. Erizal, M.Ag pada tanggal 6 Maret 2012 di Lobby Gedung Student Center.

Selain kajian bersama pihak Direktorat, Jakpus juga mewawancarai Bapak Noval selaku pihak Mandor Harian PT Brantas Abipraya tanggal 24 Maret 2012. Hal yang ditanyakan juga lebih khusus mengenai pembangunan Common Class Room, Teaching Lab, dan Wing Kimia FMIPA. Wawancara ini berupa obrolan ringan yang hanya dilakukan Menteri Jakpus, Luthfi Brilian Wanda, bersama salah satu staff tanpa audiens seperti acara di atas. Tetapi, hasil dari wawancara tersebut juga dipublikasikan agar diketahui mahasiswa umum.

 

2. Dengar Informasi dan Diskusi Statuta IPB

Acara ini menengahi perjalanan Statuta IPB dari PT BHMN menjadi PTP BLU yang dibahas oleh Prof. Dr. Ari Purbayanto (Ketua Tim Penyusun Statuta IPB sekaligus Sekretaris Komisi C Senat Akademik IPB) beserta 15 orang lainnya, Presma dan Wapresma IPB, Direktur ISPC (IPB Social Political Center), Menteri Kebijakan Pertanian BEM KM, Ketua tim supporting MWA IPB unsur mahasiswa, dan 10 orang dari Kementerian Kebijakan Kampus BEM KM. acara ini dilakukan di ruang sidang Student Center tanggal 3 Februari 2012. Diketahui, bahwa saat ini statuta IPB sedang dalam proses penyusunan draft. Draft-1 Statuta selesai pada bulan Agustus 2011, Draft-2 Statuta selesai pada bulan Desember 2011, sedangkan Draft-3 Statuta ditargetkan selesai pada bulan Maret 2012 untuk selanjutnya disampaikan ke Rektor kemudian dibahas oleh Senat Akademik IPB dan terakhir diusulkan ke Mendikbud.

3. Pembentukan Majelis Wali Amanat (MWA)

Kajian yang dilakukan untuk mengajukan beberapa nama MWA dihadiri 98 peserta yang terdiri dari 13 orang dari tim Kementerian Kebijakan Kampus, ada dari staff BEM KM, ketua BEM se-IPB beserta kastradnya, DPM KM beserta DPM Fakultas, TPB, serta alumni dan masyarakat. Acara pada tanggal 15 Maret 2012 ini dijelaskan PP (Peraturan Pemerintah) yang digunakan atau yang akan digunakan agar mahasiswa ataupun peserta memahami dasar hukum yang digunakan IPB, dan pertimbangan baik buruknya penggunaan PP baru yang mengikat 7 Perguruan Tinggi BHMN. Akhirnya, tanggal 16 Maret 2012, Jakpus atas nama mahasiswa IPB mengajukan 8 nama calon anggota MWA dari 23 nama hasil penjaringan oleh Senat Akademik dan masuk dalam kategori yang diinginkan. Tepat waktu menunjukkan 11.30 hasil rapat pleno Senat akademik memutuskan 7 nama dari unsur masyarakat yang terdiri dari A. Mukhlis Yusuf, Didik J. Rahbini, Irama Badriati, M. Ihwanudin Mawardi, Sugiharto, Suswono, dan Zaim Uchrowi

 

4. Diskusi Terkait Masalah

Diskusi bersama Bapak Zairin (Direktur Diploma) dilakukan pada tanggal 23 Januari 2012 yang dihadiri oleh 4 orang (Menteri dan 2 orang staff dari Kementerian Kebijakan Kampus BEM KM BERKARYA serta Ketua BEM Fakultas Perikanan IPB). Isu yang dibahas yaitu beberapa isu yang heboh terkait Diploma IPB dimana apabila mahasiswa Diploma telat hadir ketika ujian sedang berlangsung, maka mahasiswanya wajib membayar denda dengan jumlah yang cukup besar.  Selain itu, isu terkait ketelambatan pembayaran SPP maka akan dikenakan denda sebesar 10% bukan 30% sesuai dengan isu yang berkembang di kalangan mahasiswa. Hal tersebut ternyata bertujuan untuk menghilangkan kebiasaan sebagian besar mahasiswa sehingga lebih disiplin. Diploma juga menerapkan perizinan mengikuti perlombaan hanya sebanyak dua kali dalam satu semester karena mahasiswa Diploma lebih cepat lulus dibanding S1.

 

5. Dialog Rektor

Acara ini dikemas dalam bentuk diskusi panel dengan panelis Fahmi Hakim (Wapresma IPB 2008), Ach. Firman Wahyudi (Presma IPB 2010), dan Muhamad Saefrudin (Presma IPB 2012) dan digawangi oleh Muhammad Tegar (Sekjen MPM KM IPB 2012) serta dipandu oleh Irma Sahara (Koordinator Bagian Kesejahteraan Mahasiswa Kementerian Kebijakan Kampus BEM KM IPB Berkarya). Acara ini berlangsung pada pukul 16.30 tanggal 2 Oktober 2012 di gedung Andi Hakim Nasution yang dihadiri oleh mahasiswa S1 dan pascasarjana. Dalam dialog rektor ini diadakan untuk menyampaikan laporan pencapaian oleh rektor Rektor IPB, Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto berdasarkan kontrak sosial yang telah ditandatangani beserta pertanyaan terkait hal tersebut.

 

6. KRS IPB on Progress

Dalam hal ini Jakpus hanya berperan sebagai perantara yang ikut membantu menginformasikan hal-hal terkait KRS dari Dit. AP melalui media sosial.  Ternyata, persoalannya ada pada masalah teknis akses dan memilih minor atau sc, serta banyaknya mahasiswa dan mata kuliah pada semester ganjil.

 

7. Aksi Damai Menyongsong Pemilihan Rektor

Selain advokasi, audiensi, dan dialog, Jakpus juga melakukan Aksi mengenai isu ketidakterlibatan mahasiswa dalam Pemilihan rektor kali ini. Aksi dilakukan pada hari jumat tanggal 29 Juni 2012 pukul 13.30 berupa short march dari Gedung Graha Widya Wisuda menuju Gedung Andi Hakim Nasution (Rektorat IPB). Aksi yang dinamai “Save Pilrek” ini dilakukan oleh mahasiswa dari setiap fakultas dengan memakai jas almamater dan ikat kepala putih. Selama aksi berlangsung beberapa mahasiswa melakukan aksi teatrikal yang menceritakan tidak dilibatkannya mahasiswa dalam pemilihan rektor. Akhirnya, tiga tuntutan yang diajukan oleh mahasiswa kali ini diterima dan disambut baik.

Kementerian Kebijakan Pertanian

Pertanian merupakan jati diri bangsa Indonesia, maka sudah sepantasnya sebagai insan intelektual, mahasiswa IPB memberikan sumbangsihnya terhadap perkembangan dunia pertanian tanah air. Selama satu periode perjalanan Kementerian Kebijakan Pertanian (Jaktan) BEM KM IPB 2012, telah dilaksanakan beberapa program kerja untuk mewujudkan keinginan mahasiswa akan informasi dan kajian seputar pertanian, sekaligus berupaya membangun sebuah wadah bagi mahasiswa IPB untuk mengaktualisasikan keterampilannya di bidang pertanian secara nyata.

Sejak Februari 2012, Jaktan BEM KM IPB telah melakukan beberapa kajian dengan tiga fokus isu utama yang strategis, yaitu pangan, reforma agraria, dan kesejahteraan petani. Pada momentum Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei, bersama BEM Se-IPB telah dideklarasikan Piagam Gerbang Tani yang merupakan bentuk pemikiran insan intelektual pertanian yang kritis, peduli, dan solutif dalam berkontribusi membangun pertanian. Audiensi pun telah dilakukan terhadap beberapa stakeholder pertanian, diantaranya Dr. Ir. Agus Pakpahan, HS Dillon (Utusan Khusus Presiden bidang Penanggulangan Kemiskinan), Rokhmin Dahuri (Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan RI), Bapak Hadi (Staf Ahli Komisi 4), dan Bapak Iwan (Direktur Utama Land Reform BPN).

Tidak hanya mengkaji isu-isu pertanian, Jaktan BEM KM IPB pun berupaya membangun pergerakan mahasiswa secara horizontal berbasis pertanian terpadu. Sebuah model pertanian terpadu yang diberi nama “Student Agripark” dibangun sebagai salah satu upaya untuk mendukung pembangunan pertanian berkelanjutan. Selain itu, Student Agripark diharapkan mampu menjadi role model pergerakan mahasiswa pertanian dalam memberikan wujud konkrit kontribusinya, sekaligus membangun kembali identitas mahasiswa pertanian yang terkadang dipertanyakan. Program ini terbuka bagi seluruh mahasiswa IPB yang ingin menanamkan kembali kecintaannya terhadap dunia pertanian. Program ini merupakan keberlanjutan dari program yang diinisiasi sejak periode Kementerian Pertanian BEM KM 2011, dan sudah berkembang cukup signifikan. Saat ini, Student Agripark dikembangkan di atas lahan seluas 1500m2, yang terletak tepat di samping Gedung Green TV IPB. Berbagai macam sayuran hijau telah ditanam di lahan ini, diantaranya kangkung, caisin, kacang kedelai, dan kacang panjang. Seluruh sayuran yang ditanam menggunakan pestisida (zero pestiside) sehingga lebih aman dan sehat untuk dikonsumsi. Bertepatan dengan Hari Pangan 14 Oktober 2012, hasil panen sayuran dari Student Agripark ini mendapat kesempatan untuk diserahkan secara simbolik kepada Rektor IPB bersamaan dengan pelaksanaan kegiatan Bidik Misi di lapangan Rektorat.

Sejalan dengan cita-cita untuk menumbuhkan kembali kesadaran dan kecintaan terhadap dunia pertanian, dibentuklah sebuah komunitas mahasiswa cinta pertanian “I’Fast” (IPB Farmer Student) dengan tujuan menumbuhkan kepedulian dan pemahaman mahasiswa untuk mampu membaca realitas pertanian Indonesia serta menyiapkan kader muda pertanian yang unggul dan berguna. Saat ini, I’Fast telah memasuki tahun yang kedua, dan jumlah kader mencapai 49 orang dari berbagai fakultas yang baru bergabung. Tidak hanya menjadi SDM inti yang memiliki tanggung jawab untuk mengelola Student Agripark, anggota I’Fast juga melakukan kunjungan ke beberapa lokasi pertanian, diantaranya Green House Cikabayan, dan kawasan pertanian di desa Cibeureum. Kuliah umum juga diberikan kepada anggota I’Fast untuk membuka cakrawala wawasan mereka, baik dari segi pengelolaan SDM, hingga tentang pertanian dari hulu ke hilir.

Seluruh cita-cita yang mulia untuk mewujudkan pertanian yang lebih baik, akan sulit berjalan tanpa adanya sinergi yang baik dengan berbagai stakeholder pertanian. Program Agriconnection telah dilaksanakan dengan tujuan untuk membangun hubungan baik antara semua elemen dalam dunia pertanian. Kunjungan pertanian dilakukan ke lokasi pertanian organik “The Learning Farm” Yayasan Karang Widya yang bertempat di Cipanas, Cianjur. Selain kunjungan, dibuat pula database kemitraan pertanian  dan jurnal kajian pertanian.

Program terakhir, yang merupakan event gabungan antara Kementerian Kebijakan Pertanian, Kebijakan Kampus, dan Kebijakan Publik, yaitu Gebyar Indonesia Berkarya 2012 (GIB 2012). Hari pertama kegiatan ini bertempatkan di Auditorium Peternakan, Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor. Sedangkan hari kedua,kegiatan ini bertempatkan di Auditorium Common Class Room (CCR), Tingkat Persiapan Bersama (TPB), Institut Pertanian Bogor. Peserta yang menghadiri acara ini tidak hanya mahasiswa IPB saja, melainkan dari beberapa universitas yang ada di Indonesia. Seperti ITB, Unpad,Mulawarman, UNS, dan beberapa universitas lainnya. Acara diakhiri dengan teatrikal dari IPS (IPB Political School) dan pembacaan deklarasi tentang poin FGD (Forum Grup Discustion) oleh Muhammad Saefrudin selaku presma IPB dan Muhammad Tanri Ariaazasyifa selaku koordinator BEM SI.

Fokus pertanian pada kegiatan ini yaitu pada saat Gerakan Cinta Pangan dan Buah Lokal, berupa kampanye dengan membagi-bagikan makanan tradisional kepada mahasiswa maupun masyarakat yang ada di sekitar IPB, dengan berjalan kaki dari depan Rektorat menuju GWW, dan berakhir di depan Common Class Room. Selain itu, kampanye ini juga dimeriahkan dengan kirab makanan tradisional, mulai dari yang sederhana seperti rebusan, pangan olahan seperti gethuk, hingga yang sudah modern seperti Brownco. Kegiatan ini berhasil menyedot perhatian massa, dan dimeriahkan pula dengan perkusi.(fkr, awn)

Kementerian Pendidikan

1. IDEA

            Kementerian Pendidikan BEM KM IPB kembali menggelar acara rutinnya, yaitu IDEA (IPB’s Dedication fo Education). Tema yang diusung tahun ini adalah “Semangat Berbagi untuk Pendidikan Negeri”. Acara yang dilaksanakan pada tanggal 6 Mei 2012 lalu ini dihadiri oleh sekitar 2000 peserta. Dibagi ke dalam tiga sesi. Sesi pertama adalah seminar dan talkshow berupa kuliah umum dari Anies Baswedan, Ph.D. Dalam penyampaiannya,  founder Indonesia Mengajar ini memberikan semangat kepada peserta untuk melakukan hal terkecil bagi Indonesia dan membuktikan bahwa kita memang bermanfaat. Kemudian dilanjutkan dengan sesi kedua yaitu talkshow dengan tema “Surat Cinta Teruntuk Negeriku dari Pelosok-Pelosok Negeri” yang disampaikan oleh Rusdi Shaleh dan Dwi Hastuti sebagai alumni dari Indonesia Mengajar.

            Penutupan acara ini adalah talkshow yang mengundang Alvin Adam. Sesi terakhir ini menghadirkan tiga orang tokoh yang berkecimpung di dalam dunia pendidikan, yaitu Prof.Dr.Ir.Herry Suhardiyanto, MSc (Rektor Institut Pertanian Bogor), Dik Doang (Pendiri Kandank Jurang Doank), dan Nurrohim (Pendiri Yayasan Bina Insan Mandiri). Para peserta terlihat antusias ketika Dik Doang menunjukkan apresiasinya yang begitu tinggi terhadap pendidikan negeri dan nasib anak jalanan dalam mengakses pendidikan, tidak ingin kalah dengan semangat Dik Doang, Nurrohim pun memiliki kepedulian yang tinggi terhadap pendidikan anak jalanan. Hal ini dibuktikan dengan didirikannya Sekolah Master yang merupakan sekolah khusus untuk anak jalanan di sekitar Masjid Pasar Depok.

2. IPB Mengajar

            IPB Mengajar merupakan rangkaian dari kegiatan IDEA (IPB’s Dedication for Education). Fokus utama dari program ini adalah pengajaran yang kreatif melalui fun learning, pengenalan pertanian dan pendidikan karakter dasar pada siswa Sekolah Dasar di desa tertinggal. Tahun ini merupakan tahun pertama dilaksanakannya IPB Mengajar. Tepatnya dari tanggal — , Dua belas pengajar muda inspiratif mulai mengajar pada minggu ketiga dan minggu keempat bulan Juli. Kegiatan IPB Mengajar ini diharapkan akan terus berlanjut untuk tahun-tahun berikutnya sebagai bukti kepedulian mahasiswa terhadap pendidikan di Indonesia.

3. ISEE

            Kementerian Pendidikan BEM KM tidak hanya melakukan pengabdian, pergerakan, dan pelayanan pendidikan dalam negeri saja, melainkan dari luar negeri juga. Ini terbukti dari suksesnya International Scholarship Educating Expo (ISEE) yang digelar untuk yang ke — kalinya. ISEE yang telah diselenggarakan pada tanggal 5-6 Oktober 2012 ini dihadiri oleh sekitar 1000 pengunjung, baik dari IPB, luar IPB dan turis asing seperti Hungaria. Lembaga beasiswa yang hadir pada acara Scholarship Expo, yaitu NESSO, Kedutaan Besar Jepang, Kedutaan Besar Mexico, ITC (International Testing Center), IDP, DAAD Jerman, Kedutaan Besar New Zealand,  Campus France, Erasmus Mundus, Kedutaan Besar Cina, Wageningen University dan ICO (International Collaboration Office) IPB. Pengunjung begitu antusias mengunjung stand Cultural Festival yang diisi oleh beberapa stand seperti dari HIMADE (Himpunan Mahasiswa Sastra Jepang) Universitas Padjajaran Bandung, Unit Pelatihan Bahasa IPB bagian Korea, Belanda, Turki, dan Pamaung Bandung.

            Selain itu, terdapat rangkaian acara dari ISEE tahun ini, seperti TOEFL ITP and TOEFL Prediction Test beserta Workshop About IELTS. TOEFL ITP and TOEFL Prediction diadakan dengan kerjasama UPT Bahasa IPB yang dilaksanakan pada tanggal 22 September 2012 di kantor UPT Bahasa IPB, sedangkan Workshop About IELTS ini diadakan di Ruang Seminar IKK pada Sabtu-Minggu, 29-30 September 2012. Semua rangkaian ISEE tersebut diharapkan dapat menunjang kemampuan bahasa asing mahasiswa di IPB maupun di luar IPB. (mug)

Kementerian Pengembangan Potensi Sumberdaya Mahasiswa

LES (Leadership Enterpreneurship School) 2012

Kegiatan ini memiliki visi menjadi sekolah pelatihan yang mendidik mahasiswa untuk memiliki kemampuan berwirausaha dengan jiwa kepemimpinan sebagai generasi penerus bangsa. Grand Launching LES dilaksanakan tanggal 18 Maret 2012 yang dibuka secara resmi oleh Bapak Yonny Koesmaryono sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan dan dihadiri oleh pembina LES 2012 Ibu Henny K Daryanto. Sampai di tahun 2012, mahasiswa LES sudah sampai diangkatan ke VI.

Acara LES ini dilaksanakan pada bulan Maret-Oktober 2012, ada beberapa rangkaian acara LES 2012 ini diantaranya: Leadership Motivation Training pada tanggal 25 Maret 2012. Leadership Outbond “Kepemimpinan berlatih dari alam. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 22 April 2012, bertempat di Lapangan Rektorat dan Arboretum Lanskap. Selanjutnya Pelatihan Business Plan dan Workshop I & II. “Start Your Own Business with a Good Planning pada tanggal 22 April 2012 dan 13 Mei 2012 yang dilakukan di Auditorium Sylva Pertamina. Workshop III “How To Grow” dilakukan di Gedung Kuliah A pada tanggal 16 September 2012, bertemakan “Bagaimana agar bisnis tumbuh dengan sukses. Rangkaian selanjutnya yaitu Bazar & Monitoring Evaluasi Bisnis. Penilaian Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 30 Setember 2012. Kegiatan terakhir LES 2012 yaitu Wisuda Siswa LES Angkatan VI, dilaksanakan pada tanggal 14 Oktober 2012 di Ruang Seminar FKH. Pada acara ini dilakukan wisuda secara simbolis oleh Bapak Yonny Koesmaryono sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan kepada perwakilan siswa LES Angkatan VI. Acara ini ditutup dengan beberapa informasi yaitu siswa terbaik LES 2012 putra adalah Aries Santoso, siswa putrinya adalah Anggit Dwi Rahayu. Juara bazaar diantaranya 1. Pendekar Rujak, 2. Locava, 3. Cakekun.

 

EDU (Education Development Unit) 2012

EDU 2012 merupakan program untuk mempertahankan dan mengembangkan potensi Leadership Enterpreneurship. Program EDU ini akan terbentuk Enterpreneur Community dengan harapan mampu menjadi komunitas para Enterpreneur yang berdedikasi tinggi dan mapan di bidang ini.

Acara ini dilaksanakan pada tanggal 30 September 2012 di Ruang Sidang Senat Rektorat lantai 6 Gedung Andi Hakim Nasution, Insititut Pertanian Bogor, dihadiri para undangan yang merupakan wirausaha muda IPB dan para peserta yang memiliki keinginan yang tinggi untuk menjadi seorang wirausaha. Acara ini diresmikan oleh Dr. Ir. Meika Syahbana Rusli, MSc. Agr., Direktur Bisnis dan kemitraan IPB

Acara sesi pertama adalah pemberian materi dengan tema “Membangun dan Membentuk Pola Pikir Mahasiswa untuk Memajukan IPB dan Indonesia Melalui Entrepreneur”. Sesi kedua dilanjutkan dengan penyampain materi yang bertema “Membangun Pola Pikir Mahasiswa untuk Memajukan IPB dan Indonesia Melalui Entrepreneur”. Secara keseluruhan rangkaian acara EDU terlaksana dengan lancar dan esensi yang didapatkan dapat dirasakan oleh para hadirin.

CDT (Carrer Development Unit) 2012

CDT 2012 merupakan program yang diperuntukkan bagi mahasiswa tingkat akhir dan para calon wisudawan. Program CDT akan sangat meng-upgrade mahasiswa IPB dalam pembentukan mindset dunia kerja di ranah negeri dan swasta, serta wirausaha. Rangkaian acara CDT yang meliputi Seminar, Workshop Pembuatan Curriculum Vitae (CV), dan Wawancara dengan Pihak Human Research Development (HRD) secara langsung, serta Motivation Training.

Acara ini dilaksanakan pada tanggal 13 Oktober 2012 di Auditorium Abdul Muis Nasoetion dihadiri para peserta dari IPB maupun kampus lain. Dihadiri juga pembicara dari kepala cabang Bank Mandiri Syariah, Yocie Gusman serta Imam Yogi Wibowo dari Super Indo.

 

PPSDM Care ‘n Share (Kunjungan PPSDM) 

Program Kerja dari Kementerian PPSDM BEM KM IPB Berkarya dengan tujuan dapat merangkul kegiatan PSDM di BEM Fakultas dan mengeratkan hubungan silaturahim & kerjasama antar LK, serta output nyata dalam bentuk evaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan dari PPSDM BEM KM maupun PSDM BEM Fakultas. Dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober 2012 di setiap sekretariat BEM Fakultas IPB. (akh)

Kementerian Lingkungan Hidup

1. Green Festival

            Green Festival IPB merupakan salah satu rangkaian acara yang ditujukan kepada  generasi muda (mahasiswa) dengan tujuan membangun kesadaran tetang tanggung jawab generasi muda terhadap perubahan iklim yang terjadi. Rangkaian acara ini memberikan kesempatan bagi generasi muda untuk terlibat langsung dan melakukan aksi nyata untuk menerapkan gaya hidup hijau (green lifestyle) sebagai salah satu strategi mitigasi dan adaptasi terhadap dampak negatif perubahan iklim.Terdapat tiga rangkaian Green Festival IPB yakni, Green Talkshow (mentri KLH BEM KM IPB, Presma dan Wapresma), Greentaiment(perkusi D’Ransum, Karya Band) dan pucaknya Green Health(senam bersama).

2. Kunjungan Hijau

 Kunjungan hijau dilakukan di kediaman rumah ibu Harini Bambang (jalan Banjarsari 14 no.4a Fatmawati Jakarta). Kunci keberhasilan yang selalu ditekankan oleh ibu Harini yaitu “where there’s a will, there’s a way”.  Selain itu ibu Harini juga menyampaikan closing statement yang juga disampaikan saat mengikuti sebuah  event di Bangkok-Thailand : “the key of a success? you have to work hard and do everything with your heart, so everything will be easier”. Kegiatan yang dilakukan dalam kunjungan hijau diantarana demo pembuatan  pupuk kompos dengan metode/cara aktivator, yaitu pembuatan pupuk kompos yang berbahan dasar berupa sampah hijau (sisa sayuran hijau dari dapur), sampah coklat (guguran daun-daun yang sudah mengering), dan aktivator. Setelah selesai pembuatan  pupuk seluruh peserta berpindah tempat menuju  rumah Oma Nina, “house of dona carmen” untuk melihat roof garden (tanaman hias, tanaman obat seperti cocor bebek dll sampai tanaman pereduksi CO2).

 3. Lokakarya pemerhati Lingkungan Hidup IPB

Lokakarya lingkungan hidup yang dilaksanakan pada hari sabtu, 10 maret 2012 ini merupakan salah satu cara yang diprakarsai oleh kementerian lingkungan hidup BEM KM IPB untuk menjaga dan memperbaiki lingkungan hidup di IPB. Lokakarya pemerhati lingkungan di hadiri oleh kurang lebih 60 orang peserta yang berasal dari perwakilan berbagai lembaga kemahasiswaan pemerhati lingkungan IPB. Acara ini juga dihadiri oleh direktur minat bakat dan penelaran bapak Bambang Riyanto, S.Pi.M.Si. dan presiden mahasiswa KM IPB Muhamad Saefrudin sebagai pemberi sambutan. Acara ini dihadiri oleh beberapa pembicara yaitu Prof. Dr. Clara Meliyanti Kusharto, M.Sc., Ir. Hangesti Emi Widyasari, M.Si, dan Kastana Sapanli, S.Pi.M.Si. yang membahas tentang refleksi lingkungan kampus IPB. Pembicara-pembicara juga merupakan sebagai dosen pembimbing dari tiap cluster yang telah dibentuk pada saat pralokakarya untuk membahas permasalahan lingkungan yang ada di IPB yaitu cluster sampah oleh Dr. Ir. Syaiful Anwar, M.Sc., cluster tataruang oleh Dr. Ir. Arzyana Sunkar, M.Sc., cluster sumberdaya lingkungan oleh Ir. Kamir Raziudin Brata, M.Sc, dan cluster fasilitas umum oleh Dr.Ir. Irzaman, M.Si. (ind)

 Kementerian Sosial dan Kesejahteraan Masyarakat

Kementerian Sosial dan Kesejahteraan Masyarakat atau yang lebih sering disebut dengan SOSKEMAS ini adalah salah satu kementerian di BEM KM IPB. Menjadi penggerak kegiatan-kegiatan kemahasiswaan dalam hal pengabdian masyarakat, serta memberikan respon cepat terhadap bencana dan permasalahan sosial yang dihadapi oleh mahasiswa dan masyarakat adalah visi yang diangkat dari kementerian ini. Oleh karena itu SOSKEMAS memiliki lima program kerja yang dapat menanamkan rasa peduli, empati, dan semangat kerelawanan anggota maupun mahasiswa IPB, yaitu Bina Desa, Rumah Harapan, Tanggap Sosial, Bank Darah, dan I-SHARE (IPB Social and Health Care).

Bina Desa merupakan suatu kegiatan yang bergerak dalam bidang pemberdayaan masyarakat pedesaan serta lingkungan. Pembinaan dilakukan melalui aplikasi ilmu dan kreativitas mahasiswa hingga tercapai desa yang mandiri. Pembinaan dilakukan pada berbagai aspek kehidupan, terutama pada aspek pertanian. Bina desa dilakukan di Desa Ciaruteun Ilir Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor, yang dikelola oleh Lembaga Struktural Bina Desa di bawah Kementerian SOSKEMAS BEM KM IPB.  Beberapa kegiatan yang telah dilakukan oleh lembaga ini adalah Gerakan Mahasiswa Turun Desa yang berkerjasama dengan I-SHARE 2012, kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 29-30 September 2012 dan diikuti oleh 30 mahasiswa. Dalam kegiatan ini, mahasiswa diajak untuk mengikuti kegiatan yang biasa dilakukan oleh pengurus setiap minggunya, seperti membuat kripik bayam, pelatihan komputer dan kerja bakti. Selanjutnya, pada tanggal 30 September 2012 dilaksanakan musyawarah desa yang membahas mengenai kesehatan lingkungan, terutama mengenai keberadaan tempat pembuangan sampah yang belum teratur. Masalah lingkungan ini membuat masyarakat membuang sampah tidak pada tempatnya sehingga lingkungan terlihat kumuh. Kegiatan yang sampai saat ini berjalan adalah pembuatan rumah produksi untuk pembuatan kripik ayam.

Rumah Harapan merupakan program pembinaan yang diarahkan pada peningkatan seni dan kreativitas kepada anak-anak sekitar kampus IPB Dramaga. Hal ini ditujukan agar anak-anak memiliki kemampuan berdasarkan minat dan bakat sehingga dapat diaplikasikan sebagai potensi yang berguna dalam kehidupan. Rumah harapan ini dilaksanakan di SD Gunung Leutik, Ciampea Kabupaten Bogor mulai bulan Maret hingga Oktober 2012. Program Rumah Harapan terdiri dari dua program berkelanjutan, yaitu Lembah Potensi dan Beasiswa Harapan.

Pada tanggal 13 September lalu Rumah Harapan menjadi pengisi acara dalam Seminar Pemberdayaan Masyarakat IPB Social and Health Care (I-Share). Penampilan Rumah Harapan mendapat sambutan hangat dari para peserta seminar. Anak-anak menari dan menyanyi dengan penuh semangat dan keceriaan, kadang sedikit kesalahan membuat para peserta tertawa melihat kelucuan mereka.

Selanjutnya adalah tanggap sosial yang dilakukan sebagai upaya cepat tanggap menangani musibah dan bencana yang terjadi di Indonesia dan wilayah Bogor pada umumnya, serta di sekitar kampus pada khususnya. Kegiatan ini meliputi penggalangan dana yang dilakukan untuk membantu korban bencana, mahasiswa ataupun keluarga mahasiswa yang mengalami musibah. Kegiatan Tanggap Sosial ini berlangsung mulai Maret hingga Oktober 2012.

Bank Darah merupakan suatu kegiatan yang bergerak dalam hal donor darah. Kegiatan ini terdiri dari talkshow seputar donor darah, pembuatan database bank darah dan donor darah.  Talkshow donor darah ini telah dilakukan pada tanggal 29 April 2012 di Auditorium Toyib Hadiwijaya. Sedangkan database bank darah merupakan kegiatan mengumpulkan nama pendonor darah yang bersedia bergabung menjadi anggota bank darah. Tujuan dari kegiatan ini adalah ketika sewaktu-waktu golongan darah tertentu dibutuhkan, kita dapat menghubungi langsung nama-nama yang terdaftar. Kegiatan donor darah yang dilaksanakan oleh BEM KM ini lebih ditekankan untuk mengkoordinasikan dan mensinergiskan progam kerja donor darah yang dilaksanakan oleh Lembaga Kemahasiswaan se-IPB. BEM KM sendiri melaksanakan donor darah pada tanggal 09-11 Oktober 2012 bersama dengan kegiatan Expo I-SHARE.

IPB Social and Health Care (I-SHARE) adalah sebuah program kerja yang menjembatani seluruh program kerja yang ada, menjadi induk piramid program-program kerja yang dilaksanakan SOSKEMAS selama setahun ke depan. Program ini berupa expo dan seminar mengenai kegiatan pengabdian masyarakat yang telah terlaksana di seluruh Fakultas se-IPB serta program pelayanan kepada mahasiswa berupa pelayanan kesehatan, konsultasi gizi dan donor darah. Rangkaian kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 29 September-13 Oktober 2012. Pada tanggal 29-30 September 2012 Gerakan Turun Desa dilakukan di 5 desa lingkar kampus IPB, yaitu Desa Sukawening, Neglasari, Petir, Purwasari, dan Ciaruteun Ilir. Mahasiswa yang ikut dalam kegiatan ini adalah sebanyak 150 orang dengan masing-masing peserta di setiap desa sebanyak 20-30 orang.

Selanjutnya adalah Expo Kesehatatan Masyarakat, Hasil Karya Desa dan Community Development berlangsung pada tanggal 9-11 Oktober 2012 di Koridor Pinus, Fakutas Pertanian. Expo Kesehatan diisi oleh Optik untuk pemeriksaan mata, Badan Konsultasi Gizi (BKG) untuk konsultasi gizi, Anlene untuk konsultasi tulang, Palang Merah Indonesia untuk donor darah, serta Pondok Buah dan susu yang di isi oleh danitia dengan membagikan secara gratis susu dan buah. Expo Hasil Karya Desa diisi oleh hasil karya dari Desa Dramaga, Petir, Purwasari, Neglasari, Sinarsari, dan Ciherang. Total Pengunjung Expo mencapai 1184 orang. Puncak acara ini adalah Seminar Pemberdayaan Masyarakat yang berlangsung pada tanggal 13 Oktober 2012 di Auditorium Andi Hakim Nasution (AHN). Menghadirkan Kementerian Sosial RI, para pengabdi masyarakat serta hiburan dari anak-anak Binaan SOSKEMAS dan SLB Al-Irsyad. (alf)

Kementerian Budaya Olahraga dan Seni

Ditengah padatnya rutinitas belajar dan organisasi, Kementerian Budaya, Olahraga, dan Seni BEM KM IPB hadir untuk memfasilitasi minat mahasiswa dalam bidang minat dan bakat. Di tahun 2012 ini Kementrian BOS telah menjalankan dua kegiatan besar, yaitu Olimpiade Mahasiswa IPB (OMI) dan IPB Art Contest (IAC). Dalam rangka menjadi ajang  silahturahmi antar fakultas, OMI diadakan selama tanggal 5-31 Mei.  Jadwal pertandingan membuat mahasiswa dari berbagai fakultas bertemu. Saling memberikan performa terbaik di lapangan.  Pendukung masing-masing tim pun berlomba-lomba menampilkan yel-yel penyemangat paling kreatif. Cabang yang dipertandingkan adalah sepak bola, basket, futsal, tenis meja, voli, catur, badminton, atletik, renang dan aerobik.  Kemenangan OMI 2012  dipegang oleh Diploma sebagai juara umum.

Kementerian BOS merangkai kegiatan minat seni dalam acara IAC. Terdapat beberapa lomba-lomba diantaranya: dari lomba gambar, monolog, bacaan puisi, tulis puisi, cerpen, solo vocal, vocal grup, seriosa, tari kreasi, dan perkusi.

Meskipun pembukaan kedua kegiatan yang melibatkan ribuan mahasiswa IPB itu terpisah, puncak acara keduanya digabungkan dalam Malam Persahabatan IPB (MPI). Menampilkan perkusi dari FLAVALICIOUS MAX, gentra kaheman, Agriaswara, penampilan seluruh juara IAC . Juara umum IAC tahun ini dipegang oleh Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Kegiatan IAC ditutup dengan performa dari  Nidji sebagai guest star di tanggal 3 Juni 2012. (nad)

Kementerian Komunikasi dan Informasi

1. Pelatihan Jurnalistik

Kementerian KOMINFO BEM KM IPB Berkarya berkerjasama dengan Ditmawa mengadakan pelatihan jurnalistik untuk semua Lembaga Kemahasiswaan (LK) yang ada di IPB, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan setiap LK dalam penyampaian informasi. Pelatihan yang berlangsung selama tiga hari ini, terfokus pada tiga bidang yaitu penulisan, fotografi, dan layouting.

Kegiatan pertama pada tanggal 21 April 2012 yang bertempat Ruang Sidang Senat Lantai Enam Gedung Andi Hakim Nasution. Pelatihan ini membahas mengenai penulisan yang diisi oleh pemateri dari Kantor Berita Nasional ANTARA, Panca Hari Prabowo, yang merupakan salah satu wartawan di Kantor Berita Nasional ANTARA. Pelatihan terbagi kedalam dua sesi yaitu sesi materi dasar dan sesi praktik. Peserta juga diminta untuk membuat tulisan yang dilombakan dengan hadiah berupa beasiswa di journalist school dari pihak ANTARA.

Kegiatan selanjutnya, 28 April 2012 di ruangan yang sama, pelatihan mengenai fotografi bersama KOMPAS ini dihadiri oleh sekitar 70 mahasiswa dari berbagai LK. Heru Sri Kumoro, salah satu fotografer di KOMPAS yang hadir sebagai pemateri pelatihan jurnalistik ini. Dalam sesi pemberian teori kepada para jurnalis LK IPB, beliau menyampaikan konsep dasar foto jurnalistik, karakteristik foto jurnalistik, cara mengail berita/informasi melalui sebuah foto, unsur-unsur penilaian, serta kategori foto jurnalistik. Setelah sesi pemberian teori, para jurnalis LK IPB dibebaskan untuk mencari objek-objek untuk difoto dengan menerapkan ilmu yang telah didapatkan pada sesi teori.

Pada acara pelatihan jurnalistik selanjutnya yaitu di dalam bidang layouting, 29 April 2012, dengan pembicara dari MOVE Media Indonesia oleh saudara Brian. Para peserta yang hadir pada acara ini sekitar 40 orang dari semua LK IPB. Proses pembelajaran dalam layouting ini menggunakan soft ware Adobe Indesign CS. Pemateri menjelaskan dasar-dasar tentang layouting untuk seorang jurnalistik selama 2 jam. Setelah itu, para peserta mencoba untuk membuat design seperti koran cetak maupun majalah selama satu jam. Kemudian dikumpulkan, dinilai dari pemateri satu persatu, diperlihatkan kekurangan dan kelebihan hasil layouting dari setiap peserta LK dan pemenangnya dari LK BEM FEMA yaitu saudara Erwin.

 

2. Journalistic Fair

Tema 5th Journalistic Fair (JF) tahun ini adalah “Pengembangan Potensi Pertanian Tropika Indonesia Melalui Media Jurnalistik”. Pada tahun ini, JF juga meresmikan IPB Youth Journalistic (IYJ) angkatan II sebagai sekolah jurnalis yang dimiliki oleh IPB. Pada acara talkshow pertama, yaitu Interactive Talkshow with Republika dengan tema “Perkembangan Jurnalistik Pertanian Melalui Media Cetak dan Online” pemateri menyampaikan bahwa seorang jurnalis merupakan seseorang yang melakukan pekerjaan jurnalistik terkait dengan pemberitaan.

Acara The 5th Journalistic Fair dilanjutkan dengan pengumuman IPB Blog Competition yang sudah berlangsung dua bulan sebelumnya. Kegiatan ini juga dimeriahkan oleh Riska Zahra Talmira, pemenang PEKSIMINAS 2012. Dilanjutkan dengan talkshow kedua bersama SINDO Goes to Campus dengan pembicara Arif Suditomo, Pimpinan Redaksi SINDO. Tema yang diusung dalam talkshow ini adalah How To Be A Good Journalist. Beliau menyampaikan bahwa media elektronik terutama televisi saat ini menjadi sangat dominan untuk mencari informasi dan hiburan dan hal ini mendominasi pasar iklan sekarang. Selain itu, jurnalis juga harus memiliki sikap selalu ingin belajar akan segala hal, stamina saat bekerja baik fisik maupun mental. Pada penyampaian materi talkshow sesi 2 Sindo Goes to Campus menampilkan 3 video  peliputan investigasi Seputar Indonesia. Ketiga video tersebut menggambarkan cara peliputan masing-masing video yang berbeda-beda.

Masih bagian dari salah satu rangkaian acara yang dilanjutkan dengan lomba presenter berita. Para juri datang dari SINDO dan Green TV. Juara pertama lomba ini diraih oleh Fairus Maulida, Agribisnis 47. Juara kedua diraih oleh Imas Yuli Andani, Biologi 49 dan juara ketiga diraih oleh Yulia Astuti, Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat 47.

 

3. IPB Student Expo

IPB Student Expo merupakan salah satu program kerja Kementerian Komunikasi dan Informasi BEM KM IPB Kabinet IPB Berkarya. Acara ini adalah kegiatan untuk menyampaikan informasi program kerja seluruh LK se-IPB, yaitu MPM KM, DPM KM, BEM KM, BEM dan DPM Fakultas, Diploma, Tingkat Persiapan Bersama (TPB), Himpunan Profesi (Himpro) dan Unit Kegiatan Kemahasiswaan (UKM).  Setiap LK berhak untuk memasang stand atau partisi yang berisi poster-poster program kerja masing-masing LK.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin-Rabu, 5-7 Maret 2012 dimulai pukul 09.00 hingga pukul 17.00 WIB, di Koridor dan Node Fema, Kampus IPB Dramaga. Terdiri dari 12 stand BEM, Himpro, dan DPM, 18 papan partisi untuk UKM, total keseluruhan ada 88 LK yang berpartisipasi dalam acara ini.

ISE dibuka oleh Presiden Mahasiswa IPB, Muhammad Saefrudin, pada tanggal 5 Maret 2012. Acara dilanjutkan dengan presentasi program kerja BEM FAPERTA dan BEM FAPET. Hari kedua, acara ini diramaikan oleh presentasi program kerja BEM FPIK, BEM FAHUTAN, BEM FMIPA, dan BEM FEM. Tanggal 7 Maret 2012 merupakan waktunya BEM TPB, DPM, BEM FEMA, dan BEM FATETA untuk mempresentasikan program kerja, kemudian acara ini ditutup dengan pengumuman pemenang kategori stand terbaik, kategori partisi terbaik, dan kategori pengunjung.

Stand FEM merupakan pemenang kategori stand terbaik, sedangkan kategori partisi terbaik jatuh kepada UKM Gentra Kaheman, dan dari kategori pengunjung, Mega dari SIL angkatan 48 berhasil membawa pulang doorprize yang telah disediakan oleh panitia. Acara dinilai menarik minat mahasiswa IPB, terbukti dari daftar pengunjung stand yang mencapai total 2167 orang dalam waktu tiga hari pelaksanaan acara.

4. BEMedia

BEMedia merupakan media informasi BEM KM IPB. BEMedia sendiri terbagi ke dalam tiga bagian, yaitu BEMedia online, BEMedia Press,dan  BEMedia SMS Center. Dalam satu tahun kepengurusan BEM KM IPB, sebagian besar mahasiswa IPB mendapatkan informasi melalui media online BEM KM, seperti  twitter, facebook, tumblr, dan web. Selain media online, BEMedia sendiri sudah melahirkan empat edisi Buletin BEMedia yang disebar ke seluruh civitas akademika IPB. Dan media yang terakhir adalah Jarkom IPB, sekitar 13000 nomor mahasiswa mendapatkan informasi melalui SMS Center BEM KM.

 

Biro ISPC (IPB Social Politic School)

ISPC bertugas sebagai koordinator dalam kajian-kajian strategis yang ada di setiap fakultas. ISPC juga mengadakan kerjasama dengan kementerian kebijakan publik dan kampus tentang isu-isu dan pergerakan terkini. Setiap bulan, ISPC mengadakan pengecekan di setiap fakultas tentang pergerakan-pergerakan yang sudah dilakukan didalamnya. Visinya adalah membentuk pola pergerakan politik mahasiswa IPB yang berdasar pada intelektualitas, moral, kebenaran, dan harapan rakyat.

Adapun program kerja yang dimiliki oleh ISPC, antara lain

  • Litbang data dan kajian (Maret-Oktober 2012)

Menganalisis isu berdasarkan data-data dan kajian yang komperhensif.

  • Aksi dan Propaganda (Maret-Oktober 2012)

Memaksimalkan semua jejaring dan sarana yang ada dalam upaya memberikan pencerdasan dan pemahaman Pergerakan kepada mahasiswa IPB.

  • Forum Perempuan (FP)

Kegiatan ini berupa forum diskusi dan pembahasan permasalahan perempuan baik lingkup institusional, regional maupun nasional. Beberapa kegiatan FP :

Launching FP, 23 April 2012;

Peringatan Hari Anak Nasional, 23 juli 2012. (awn)

 

Biro Pengembangan Internal

Latihan Kepemimpinan Manajeman Mahasiswa (LKMM) ini biasanya dilaksanakan di setiap awal kepengurusan suatu organisasi. Begitupun dengan BEM KM yang tahun ini mengadakan LKMM untuk seluruh pengurus organisasi terbesar yang dimiliki oleh IPB ini. Kegiatan yang diberikan berupa pelatihan dan pengetahuan tentang organisasi sehingga pengurus sudah mempunyai basic yang matang selama mengerjakan tugasnya di BEM KM. Pelaksanaan LKMM ini dilakukan setelah pelaksanaan UAS smster ganjil bulan Februari lalu di Ciherang. Selama dua hari, seluruh pengurus dilatih dengan berbagai hal yang menarik. Hari pertama LKMM, seluruh pengurus mendapat materi tentang manajemen organisasi, manajemen diri, pergerakan mahasiswa, pengetahuan tentang BEM KM dan peraturan-peraturan yang harus ditaati oleh semua pengurus BEM. Pada malam hari dimanfaatkan sebagai malam keakraban bersama dengan seluruh pimpinan, tujuannya untuk mensinergikan visi misi antara presma, menteri dan seluruh staff BEM KM. Dilanjutkan hari kedua, seluruh pengurus diajak untuk bermain bersama diluar ruangan (outbond) yang tujuannya untuk melatih jiwa kepemimpinan dan kerjasama antar sesama pengurus BEM KM. Semua pengurus BEM KM sangat antusias saat mengikuti kegiatan LKMM ini.

 

Tidak hanya LKMM, kegiatan Be excellent juga bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dan skill seluruh pengurus BEM KM. Selain kemampuan berorganisasi, pengurus juga memiliki kemampuan lain, seperti kemampuan ngeblog, photoshop, olahraga dan sebagainya. Bentuk kegiatan ini adalah pelatihan yang diadakan setiap dua bulan sekali dan menghadirkan narasumber yang kompeten dibidangnya. Seluruh rangkaian kegiatan yang diadakan diharapkan dapat mempermudah pengurus dalam melaksanakan pekerjaan maupun aktivitasnya.

 

Lelah dengan berbagai macam kegiatan pelatihan, event, kajian dan aksi mahasiswa, disinilah Fresh and Fun hadir sebagai salah satu solusi bagi pengurus BEM KM. Kegiatan ini bertujuan untuk menyegarkan kembali semangat dan pikiran anggota BEM KM IPB Berkarya. Kegiatan dilaksanakan setiap dua bulan sekali atau ketika ada moment tertentu, seperti Hari Kemerdekaan 17 agustus dengan mengadakan lomba antar pengurus dan Hari Raya Idul Qurban dengan mengadakan belajar berqurban.

 

Seluruh pengurus BEM KM juga mahasiswa yang masih aktif dengan kegiatan akademiknya. Jika prestasi akademik mahasiswa tertuang dalam Indeks Prestasi (IP), maka kinerja pengurus BEM KM juga mempunyai Indeks Prestasi (IP) organisasi yang disebut dengan penilaian internal. Penilaian ini mempunyai beberapa indikator, yaitu keaktifan pengurus di kementerian masing-masing, ketaatan pengurus terhadap peraturan BEM KM, kehadiran saat rakab, serta kehadiran di rapat-rapat yang lain. Penilain ini dilakukan setiap bulan.

 

Rapat menjadi kegiatan rutinan yang biasa dijalankan oleh pengurus BEM KM setiap harinya. Bukan hanya rapat kementerian atau biro, tapi juga rapat pimpinan, rapat koordinasi, rapat pelaksanaan event kementerian, dan masih banyak lagi jenis rapat yang biasa dijalankan. Rapat kabinet atau yang biasa disebut dengan rakab ini menjadi salah satu jenis rapat yang juga dilaksanakan oleh seluruh pengurus BEM KM. Biro Pengembangan Internal adalah pihak yang memfasilitasi rakab (Rapat Kabinet) BEM KM Berkarya agar terlaksana dengan baik. Pelaksanaan rakab dilakukan setiap bulannya dan setiap kementerian mendapat kesempatan sebagai penyelenggara rakab. Selama rakab berlangsung akan ada pemaparan laporan atau progress dari setiap kementerian sehingga pengurus yang lain mengetahui perkembangan kegiatan-kegiatan di luar kementrian yang menjadi amanahnya. Diakhir acara rakab, selalu ada pemberian penghargaan “Best Staff” untuk staff yeng mempunyai kinerja paling baik di bulan tersebut. Best staff terpilih mendapatkan hadiah dari Biro Pengembangan Internal. (afn)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *